Senin, 31 Oktober 2022

Demonstrasi Kontekstual Modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya


Visi sekolah ditempat guru tersebut mengabdi menurut saya adalah “Mewujudkan lingkungan belajar yang indah dan menyenangkan”. Prakarsa perubahan yang akan dilakukan adalah “mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk belajar”. Pertanyaan utama dari kegiatan yang dilakukan oleh guru tersebut adalah “Penyemangat pembelajaran”.

Tahapan BAGJA yang dilakukan adalah:

1.     Buat pertanyaan

Pertanyaan yang muncul adalah “Bagaimana cara mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk belajar?” Ini berkaitan dengan pertanyaan utama dari peserta didik yakni “penyemangat pembelajaran”.

2.    Ambil Pelajaran

Pada bagian Ambil Pelajaran yang dilakukan adalah:

Guru mengajukan pertanyaan kepada peserta didik guna menggali informasi dari pendapat dan pengalaman peserta didik. Pertanyaan yang diajukan seperti "Apa yang ada dibenak peserta didik setelah membaca pertanyaan umum yang tertulis di papan tulis", Hal-hal apa saja yang disukai peserta didik di dalam kelasnya, kemudian membagi peserta didik dalam beberapa kelompok, dan meminta peserta didik untuk melakukan kunjungan ke kelas lainnya sebagai referensi lingkungan belajar yang menyenangkan dan membuat semangat belajar.

3.    Gali Mimpi

Pada tahapan ini, Sang guru meminta peserta didiknya untuk memejamkan mata mereka dan meminta mereka membayangkan suasana kelas yang mereka impikan. Setelah itu, dalam kelompok masing-masing, peserta didik diminta untuk membuat sketsa suasana kelas impian. Selanjutnya perwakilan setiap kelompok mempresentasikan hasilnya dihadapan teman-temannya.

4.    Jabarkan Rencana

Pada tahap ini, guru bersama peserta didik membuat daftar hal-hal yang harus dilakukan guna mewujudkan kelas impian. Selanjutnya guru membagi tugas yang akan dikerjakan kepada setiap kelompok.

5.    Atur eksekusi

Pada tahap terakhir ini ditunjukkan dengan kebersamaan guru dan murid dalam menyelesaikan proyek kelas impian. Setiap kelompok mengerjakan tugas yang telah diberikan dengan penuh tanggung jawab serta mencari kesepakatan waktu eksekusi.

 

Dari tayangan video yang telah disajikan, kita bisa melihat peranan pemimpin yang telah dimainkan oleh sang guru yaitu Ia mampu mengelola dan memberdayakan aset  sumber daya manusia yang dimiliki untuk melakukan perubahan. Modal manusia yang dimaksud disini yaitu guru itu sendiri dan seluruh peserta didiknya dengan segala kelebihan yang mereka miliki; seperti kemampuan menganalisa, dan kreatifitas. Dengan demikian tujuan dari visi yang ada dapat tercapai dengan maksimal. Selain itu juga  modal fisik juga dimanfaatkan dengan baik oleh guru. Modal fisiknya meliputi dinding kelas yang masih kosong, meja, kursi yang tidak terpakai pun diubah menjadi rak buku. Selain itu, ada juga aset fisik berupa kelas lain yang sudah representatif sebagai lingkugan belajar yang menyenangkan sebagai referensi dari aksi perubahan yang dilakukan dalam video tersebut. Modal lain yang juga dimiliki adalah Modal Budaya yakni sudah menerapkan budaya 5S sebelum peserta didik masuk kelas.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar