Visi
sekolah ditempat guru tersebut mengabdi menurut saya adalah “Mewujudkan
lingkungan belajar yang indah dan menyenangkan”. Prakarsa perubahan yang akan
dilakukan adalah “mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk belajar”.
Pertanyaan utama dari kegiatan yang dilakukan oleh guru tersebut adalah “Penyemangat
pembelajaran”.
Tahapan BAGJA yang dilakukan
adalah:
1.
Buat pertanyaan
Pertanyaan yang muncul adalah “Bagaimana cara mewujudkan kelas
yang nyaman dan menyenangkan untuk belajar?” Ini berkaitan dengan pertanyaan
utama dari peserta didik yakni “penyemangat pembelajaran”.
2.
Ambil Pelajaran
Pada bagian Ambil Pelajaran yang dilakukan adalah:
Guru mengajukan pertanyaan kepada peserta didik guna menggali informasi dari pendapat dan pengalaman peserta didik. Pertanyaan yang diajukan seperti "Apa yang ada dibenak peserta didik setelah membaca pertanyaan umum yang tertulis di papan tulis", Hal-hal apa saja yang disukai peserta didik di dalam kelasnya, kemudian membagi peserta didik dalam beberapa kelompok, dan meminta peserta didik untuk melakukan kunjungan ke kelas lainnya sebagai referensi lingkungan belajar yang menyenangkan dan membuat semangat belajar.
3.
Gali Mimpi
Pada tahapan ini, Sang guru meminta peserta didiknya untuk
memejamkan mata mereka dan meminta mereka membayangkan suasana kelas yang
mereka impikan. Setelah itu, dalam kelompok masing-masing, peserta didik
diminta untuk membuat sketsa suasana kelas impian. Selanjutnya perwakilan
setiap kelompok mempresentasikan hasilnya dihadapan teman-temannya.
4.
Jabarkan Rencana
Pada tahap ini, guru bersama peserta didik membuat daftar
hal-hal yang harus dilakukan guna mewujudkan kelas impian. Selanjutnya guru
membagi tugas yang akan dikerjakan kepada setiap kelompok.
5.
Atur eksekusi
Pada tahap terakhir ini ditunjukkan dengan kebersamaan guru
dan murid dalam menyelesaikan proyek kelas impian. Setiap kelompok mengerjakan
tugas yang telah diberikan dengan penuh tanggung jawab serta mencari
kesepakatan waktu eksekusi.
Dari tayangan video yang telah
disajikan, kita bisa melihat peranan pemimpin yang telah dimainkan oleh sang
guru yaitu Ia mampu mengelola dan memberdayakan aset sumber daya manusia
yang dimiliki untuk melakukan perubahan. Modal manusia yang dimaksud disini
yaitu guru itu sendiri dan seluruh peserta didiknya dengan segala kelebihan
yang mereka miliki; seperti kemampuan menganalisa, dan kreatifitas. Dengan
demikian tujuan dari visi yang ada dapat tercapai dengan maksimal. Selain itu
juga modal fisik juga dimanfaatkan
dengan baik oleh guru. Modal fisiknya meliputi dinding kelas yang masih kosong,
meja, kursi yang tidak terpakai pun diubah menjadi rak buku. Selain itu, ada
juga aset fisik berupa kelas lain yang sudah representatif sebagai lingkugan
belajar yang menyenangkan sebagai referensi dari aksi perubahan yang dilakukan
dalam video tersebut. Modal lain yang juga dimiliki adalah Modal Budaya yakni
sudah menerapkan budaya 5S sebelum peserta didik masuk kelas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar